Selasa, 16 Desember 2008

Minyak Asiri 140-juta/Kg

Oleh trubusid Senin, Nopember 03, 2008 03:00

Ingin margin yang jauh lebih besar? Minyak mawar dan melati komoditas yang menjanjikan laba besar. Lihat Suryatmi yang menyuling 2-3 liter. Ia menyuling bila ada pesanan yang rata-rata 2 bulan sekali. Volume sulingan memang kecil. Namun, harga minyak melati salah satu yang termahal, di tingkat penyuling Rp20-juta-Rp30-juta per liter. Menurut Suryatmi biaya produksi per kg minyak 'hanya' Rp12-juta. Rendemen minyak melati 0,1% sehingga untuk memperoleh 1 liter perlu 1 ton bunga segar. Dengan sulingan 3 liter, penyuling di Jawa Tengah itu menangguk laba bersih Rp36-juta.

"Raifudin"-ia enggan disebut nama sebenarnya-belum lama ini mengikuti pameran di Austria. Ia membawa 40 cc minyak melati. Dari jumlah itu 20 cc di antaranya ia bawa ke Paris, Perancis. Seorang the nose-ahli minyak asiri yang mengandalkan indra penciuman untuk mengetahui mutu-hanya berkata singkat, 'Execelent,' usai membaui minyak produksi Mahendra. Konsultan minyak asiri di Paris itu bertanya kepada Mahendra, 'Berapa banyak produksimu?' Ketika Mahendra menjawab 2 liter per bulan, the nose tertawa. 'Saya perlu 500 liter per bulan,' ujar Mahendra mengulangi dialog itu.

"Raifudin", eksportir di Tangerang, Banten, mengatakan pasar minyak melati sangat bagus. Setiap bulan ia mengekspor 3 liter minyak melati ke Amerika Serikat dan Korea Selatan. Permintaan dari Italia belum ia layani lantaran sedikitnya pasokan. Ia tak menyuling sendiri, tetapi menampung hasil sulingan skala rumahan. Pemilik CV Jujur Mujur itu membeli seliter minyak Rp20,5-juta dan menjualnya US$2.900 setara Rp27,8-juta.

Spesies yang banyak disuling adalah Jasminum sambac. Namun, spesies-spesies melati lain seperti melati manis Jasminum officinale, melati spanyol J. grandiflorum, dan melati gambir J. pubescens juga sumber minyak asiri. Sentra terbesar melati di pantai utara Jawa meliputi Kabupaten Batang terdiri atas 140 ha, Pekalongan (380 ha), Pemalang (780 ha), dan Tegal (400 ha).

Harga minyak mawar lebih menggiurkan, Rp140-juta per kg di tingkat penyuling . Bila produsen menyuling mawar damaskus Rosa damascena. Bandingkan dengan harga jual minyak mawar Rosa centifolia yang 'cuma' Rp20-juta/kg. Minyak mawar damaskus lebih mahal antara lain lantaran berendemen kecil. Raffiudin, eksportir di Tangerang, menjual minyak mawar alba ke Amerika Serikat US$3.000 setara Rp28,8-juta per kg.

5 komentar:

  1. wah cerah sekali masa depan minyak atsiri, bagaimana dengan pemasaran apakah sulit atau mudah karena dengan ongkos produksi yang tinggi tentu nya pemain skala rumahan akan sulit untuk memutar modal kembali, mohon pencerahan ?

    BalasHapus
  2. saya punya kebun melati di probolinggo,sy tertarik sekali dengan penyulingan minyk atsiri terutama melati,apa sy bs dbntu cra penyulingannya baik alat dan pemasarannya?sy tnggu jwbnnya di hp:081358013955/e-mile:rahmadisra@yahoo.com trims

    BalasHapus
  3. saya lg memproduksi minyak mawa damaskus,
    gmn cara pemasaran?
    thx

    BalasHapus
  4. saya lagi memproduksi minyak mawar dasmaskus..
    gmn cara pemasarannya?
    jika berminat kerja sama hub.
    raharjo3@yahoo.co.id
    ntopchem.blogspot.com
    thx..

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Gema Parfum
    Parfum Termahal di Dunia.

    ----------

    BalasHapus